bk sma darul ulum
pendidikan kunci masa depan

Kategori

 
 
 

Komentator

  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  (1)
  •  

    Pengunjung

    1226093
     

    Awang Gerang Panglima Laut Bermata Satu

    Elemen Budaya: Cerita Rakyat
    Provinsi: Riau
    Asal Daerah: Rau

    Beberapa abad yang lampau di Pulau Garang, Kepulauan Riau ada lanun-lanun atau segerombolan bajak laut yang berkeliaran di kepulauan itu. Masyarakat dibuat resah, karena mereka merampas semua perahu dagang yang melintas. Selain merampas mereka pun sering menculik anak-anak gadis. Karena itulah datuk dan batin berusaha menghalau bajak laut tersebut dengan berbagai cara.
    Di desa itu hiduplah seorang pemuda bernama Awang garang. Awang garang adalah seorang pemuda miskin. Kegiatan sehari-harinya menangkap ikan di pantai. Cita-citanya adalah ia ingin menguasai laut, sehingga ia mau menjadi tukang masak, meski pun tidak dibayar, agar dapat ikut berlayar mengarungi laut dan lautan di sekitar kepulauan itu. Di desanya Awang Garang dikenal sebagai pemuda yang rajin , sehingga membuat para datuk dan batin sayang kepadanya. Ia bahkan dipercaya menjadi pembantu tukang kapal.
    Suatu hari Sultan Riau memerintahkan para datuk dan batin untuk membuat kapal perang. Pembuatan kapal perang itu dipercayakan sultan kepada tujuh datuk dan batin. Sudah tiga bulan pembuatan kapal itu berlangsung, namun kapal itu belum menampakkan hasil. Bahan kayu sudah beberapa kali diganti, dari kayu medang tanduk berganti kayu medang tembaga, namun tetap juga tidak menampakkan hasil. Para datuk dan batin khawatir sultan menjadi murka karena kegagalan itu.
    Ditengah rasa cemas itu, tiba-tiba Awang garang berteriak "Sampai kiamat pun tidak akan jadi kapal itu, seharusnya kapal itu dibuat dengan tiga jenis kayu." Suara Awang garang mengejutkan semua datuk dan batin. Datuk membalas "Hai Awang janganlah kamu mendahului kami, jangan asal bicara. Kalau berani coba buktikan kata-katamu itu, Jika kata-katamu tak terbukti maka batang lehermu akan dipenggal." Menanggapi hal itu Awang menjawab "Baiklah datuk akan kubuktikan perkataan itu benar." Kata Awang garang tanpa ragu-ragu.
    Suatu hari, pada saat Awang garang sedang mengawasi tukang yang sedang memotong kayu, tiba-tiba letikan kayu terlempar dan mengenai mata kanannya. "Ya Allah pecah mataku." Jerit Awang garang menahan sakit. Karena kesal Awang garang menyumpahi kapal itu "Dasar kapal sial, aku sumpah kapal ini tak akan turun ke laut !" . Mata kananya pun menjadi buta, dan dia terpaksa memakai penutup mata berwarna hitam. Awang garang kemudian meninggalkan pekerjaannya sebagai pembantu tukang kapal perang.
    Dua bulan setelah ditinggalkan Awang Garang , maka jadilah kapal perang itu, namun kapal itu tidak bias diturunkan para datuk dan batin karena sudah disumpah Awang Garang. Sultan pun memerintahkan Awang Garang untuk menurunkan kapal itu, jika gagal lehernya akan dipenggal. Maka Awang garang pun mengajukan tiga persyaratan kepada datuk dan batin. Yang pertama siapkan 37 pekerja pembantu lengkap dengan peralatannya. Kedua ketujuh datuk itu harus dating dengan ditutup matanya. Da syarat yang terakhir adalah yang paling sulit, yaitu siapkan tujuh wanita yang sedang hamil sulung, dan memakai baju yang berbeda warna dan coraknya. Tujuh wanita itu harus anak tau keluarga dari datuk atau batin itu sendiri. Karena desakan waktu yang ditentukan dauk dan batin menyetujui persyaratan itu.
    Setelah persyaratan itu dilengkapi, maka pada saat purnama ketika air laut pasang semua hadirin sudah datang dan ditutup kedua matanya dengan kain. Tiba-tiba menjelang malam bunyi peralatan berlepuk-lepuk dan diiringi bunyi jeritan tujuh wanita yang sedang mngandung sulung. "Tolong jangan lindas perut kami ! Tolong !." . suara itu membuat semua yang hadir cemas dan gelisah. Kemudian Awang Garang memerintahkan semua pergi kelambung kapal . "Siap Dorong !". Ketika terdengar suara jerit bayi seketika itu juga terdengar suara kapal terjebul kelaut. Para datuk dan batin membuka penutup matanya dan melihat apa yang terjadi "Oh rupanya memakai pohon yang di lepas kulitnya. Pakai galang kayu licin." Kata para datuk bergantian. Konon kata-kata pakai galang diprcaya sebagai asal nama pulau galang.
    Sedangkan ketujuh wanita yang sedang mengandung sulung selamat semua. Mereka tidk di gilas perahu melainkan hanya dibaringkan didalam lubang yang digali dibawah kapal. Ketujuh wanita itu melahirkan dibawah lunas kapal perang. Setelah 18 tahun kemudian, ketujuh bayi yang dilahirkan waktu itu menjadi panglima penumpas bajak laut di perairan Riau. Mereka diberi gelar sesuai dengan warna pakaian yang dikenakan ibu mereka sewaktu melahirkan mereka. Ketujuh panglima itu menjadi satu kekuatan di kapal perang pimpinan Awang Garang yang bergelar panglima hitam elang di laut bermata satu.

    Komentar :

    Nama :
    E-mail :
    Web :
    Komentar :
    Masukkan kode pada gambar

        [Emoticon]
     

    Pengumuman PPMB

     

    Artikel Popular

    • download silabus, rpp, buku kurikulum 2013
      kurikulum 2013 - 01-08-2013 17:37:09  (48)
    • TUGAS 1 SOSIOLOGI BAB 1 SEMESTER 2 KELAS XI IPS
      TUGAS SISWA - 10-04-2013 01:57:44  (26)
    • Evaluasi Diri Guru BK Tahun 2013
      administrasi bimbingan konseling - 16-02-2013 02:17:25  (22)
    • administrasi bimbingan konseling disekolah tahun ajaran 2014
      administrasi bimbingan konseling - 26-11-2013 21:54:51  (16)
    • TUGAS 2 SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 DAN 2
      TUGAS SISWA - 29-05-2013 23:38:12  (13)
     
     
     

    www.klikakuaja.com

    • http://www.facebook.com/ajax/mercury/attachments/photo/view/?uri=%2Fajax%2Fmessaging%2Fattachment.php%3Fattach_id%3D17539ceb6e8bc935fdf74b3f0f1a7634%26mid%3Dmid.1358910823498%253A69f6bf83b1b2e44324%26hash%3DAQAfes_nyc_PBZiO&attach_id=17539ceb6e8bc935fdf74b3f0f1a7634&message=mid.1358910823498%3A69f6bf83b1b2e44324&hash=AQDxJsZpECg0b7Ua
     

    PR

     

    facebook

     

    mesin pencari data

     

    google analytics

     

    meta

    • <data:blog.pageTitle/> <data:blog.pageName/> <data:blog.pageTitle/> <data:blog.pageName/> | <data:blog.title/>
     

    blog lowongan kerja

    • pasang iklan,
      pasang lowongan,
      pasang artikel anda di blog ini.

        Gratis

     

    • konsultasikan masalah anda pada kami,

      kami akan bantu

     

    dapatkan uang dari

     

    belanja hp dan gadge

    • xiaomi
     

    bimbingan konseling

     
     
    Home | Profil | Pengumuman

    Copyright © makinpintar.com | UNAIR | Smartcloud