bk sma darul ulum
pendidikan kunci masa depan

Kategori

 
 
 
 

Pengunjung

341271
 

KAJIAN FILSAFAT SASTRA DALAM NOVEL DRACULA KARYA BRAM STOKER DAN TARIAN SETAN KARYA SADAM HUSAIN

auharoti Alfin, S. Pd., M. Si.

ABSTRAK 

Sepanjang sejarah, para filsuf telah berusaha menyusun sebuah metode untuk mendapatkan pengakuan universal ataupun untuk mempertahankan kelayakan filsafat sebagai disiplin ilmu.  Filsafat dapat diartikan sebagai asas, atau pendirian yang menilai kebenarannya telah diyakini dan diterima sesorang (atau kelompok), sebagai dasar atau pedoman untuk menjawab atau memecahkan masalah-masalah fundamental dalam kehidupannya sehingga filsafat sering disamakan dengan pandangan hidup. Dalam novel Dracula karya Bram Stoker dan Tarian Setan karya Sadam Husain termuat nilai-nilai filsafat yang dilihat yang dilihat dari segi aksiologi dan ontology.  Aksiologi adalah sains berhubung dengan nilai kemanusiaan yang membolehkan kita menilai sistem penilaian dalaman yang mempengaruhi persepsi, keputusan dan tindakan. Ontologi membahas tentang yang ada yang universal, menampilkan pemikiran semesta universal. Ontologi berupaya mencari inti yang termuat dalam setiap kenyataan.


PENDAHULUAN
Apakah kira-kira yang menarik dalam suatu filsafat yang ada dalam suatu karya sastra? Jawabannya adalah rasa keingin tahuan akan suatu hal yang ada dalam karya itu, selama kita diliputi rasa ingin tahu dan mempunyai berbagai macam pertanyaan yang tentunya memerlukan jawaban yang sistematis dan metodologis.

Sepanjang sejarah, para filsuf telah berusaha menyusun sebuah metode untuk mendapatkan pengakuan universal ataupun untuk mempertahankan kelayakan filsafat sebagai disiplin ilmu. Plato (427-347) membahas filsafat dengan metode dialektik, yaitu: dua orang yang berdialog saling melemparkan pertanyaan dan memberikan jawaban masing-masing bergantian. Namun metode ini bukan metode yang utama bagi pembahasan filsafat. 

Aristoteles (384-322) menjadi terkenal karena metode silogisme atau logikanya, dengan mengabungkan pembenaran dan penyangkalan. Namun metode inipun mengalami masa surut karena metode ini hanya mampu menyakinkan kebenaran sesuatu pernyataan, tetapi tidak menyusun atau menimbulkan kebenaran yang baru.  
Untuk mempelajari fisafat sebagai objek penelitian, maka perlu dijelaskan lebih dahulu perbedaan arti antara”filsafat” dengan “ilmu filsafat”. Filsafat dapat diartikan sebagai asas, atau pendirian yang menilai kebenarannya telah diyakini dan diterima sesorang (atau kelompok), sebagai dasar atau pedoman untuk menjawab atau memecahkan masalah-masalah fundamental dalam kehidupannya sehingga filsafat sering disamakan dengan pandangan hidup.

Sedangkan ilmu filsafat mempertanyakan substansi atau objek, dan menempatkan objek itu untuk dipahami secara utuh atau totalitasnya. Begitu juga dalam suatu karya sastra banyak sekali nilai-nilai yang dapat diambil dan hal-hal yang sebenarnya memerlukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada. Untuk itu kita akan mencoba untuk melihat nilai-nilai filsafat yang ada dalam novel Dracula karya Bram Stoker dan Tarian Setan karya Saddam Husein

PEMBAHASAN
AKSIOLOGI
Makna  Aksiologi :
Ilmu pengetahuan tentang kajian teori dan hakikat nilai.
Berasal dari perkataan greek axios bermakna bernilai. Yang terbagi menjadi 2 yaitu:
1.Estetika : teori tentang seni dan keindahan
2.Etika     : nilai moral berdasarkan tindakan manusia.

Keseluruhannya aksiologi adalah sains berhubung dengan nilai kemanusiaan yang membolehkan kita menilai sistem penilaian dalaman yang mempengaruhi persepsi, keputusan dan tindakan. Pilihan aksiologis tersebut tidak boleh dibiarkan mengambang, melainkan perlu didaratkan pada serangkaian argument etis atau kategoris yang harus disampaikan, karena, memakai bahasa David Hume (Scruton, 1986), kalimat deskriptif hasil penelitian sosiologi sekalipun tidak masuk akal untuk diubah menjadi kalimat normatif atau posisi etis. Tidak bisa menarik kesimpulan dari kalimat berita untuk menjadi kalimat perintah. Oleh karena itu akal tidak bisa digunakan sebagai ukuran bagi cara untuk seharusnya bertindak. Bertindak secara bertanggung jawab bukan berarti menguatkan akal, melainkan memperdalam perasaan demi kesejahteraan dan kesenangan orang lain.

a.Pada penggambaran tokoh-tokoh dalam novel Dracula karya Bram Stoker
•Count Dracula: adalah suatu sosok yang digambarkan dengan segala kebengisan,  keegoisan dan bentuk lahiriah yang tidak mengesankan dan menjijikkan.
Wajahnya bergaris keras-keras sekali, hidungnya bengkok, batang hidungnya lebar, sedang cuping hidungnya melengkung, dahinya tinggi…giginya berbentuk aneh, tajam dan putih, dan menjorok keluar dari bibirnya. …waktu count membungkuk ke arahku dan menyentuh tubuhku, aku bergidik tanpa bisa ditahan…(37-38).

Tokoh Dracula sangat pandai dan licik , dengan segala akalnya dia telah secara cermat dan sangat sistematis mulai melaksanakan rencana untuk menguasai dunia. Hal pertama yang dilakukannya adalah membeli beberapa tanah dan bangunan yang luas dan terpencil di kota London yang jauh dari tempat asalnya melalui orang-orang suruhan yang tidak tahu  siapa sebenarnya dia, karena semua dikendalikan melalui surat dan telegram yang berisikan intruksi-intruksi yang harus dilakukan.

Sahabatku, selamat datang di Carpathia. Saya sangat senang mengharapkan kedatangan Anda. Tidurlah dengan nyenyak malam ini. Jam tiga besok, ada kereta yang akan berangkat ke Bukovina, sudah dipesankan tempat untuk Anda di kereta itu. Di Celah Borgo, kereta saya akan siap menunggu Anda, dan mengantar Anda ke tempat saya. Saya yakin perjalanan anda sangt menyenangkan, dan Anda akan senang di negeri saya yang indah ini. Sahabatmu Dracula (19)

Dari surat di atas Dracula tidak menyambut sendiri tamunya tetapi melalui perantara yang sudah diinstruksikan sehingga ia tidak bertemu langsung dengan tamunya. Dalam pendekatan nilai hal ini tidaklah dibenarkan karena bagi seorang tamu penyambutan tuan rumahlah yang sangat diharapkan dan merupakan penghormatan yang sangat besar(hal ini terkendala oleh cara hidup Dracula yang seperti kelelawar) . Tetapi ketika tokoh Jonathan Harker sudah sampai di puri tempat tinggal Dracula ia berusaha untuk berbuat semaksimal mungkin menyenangkan tamunya (perlakuan yang selayaknya ):
 “setelah perjalanan tadi, Anda pasti merasa perlu mandi untuk menyegarkan tubuh Anda. Segala-galanya sudah tersedia untuk Anda.kalau Anda sudah selesai, silahkan ke kamar sebelah. Di sana makanan Anda sudah tersedia. (36)

•Jonathan Harker
Seorang pengacara yang menangani segala urusan yang melibatkan hukum yang mempunyai seorang kekasih bernama Mina . Dan sebenarnya cara berpikirnya sangat rasional tetapi dalam perjalanan ke puri Dracula ia mulai tergoyahkan karena banyak masyarakat sekitar yang percaya dengan adanya takhayul.
…Aku jadi agak shock, karena kurasa aku sudah ikut-ikutan percaya akan takhayul mengenai tengah malam, gara-gara pengalaman yang baru kudapat. Aku menunggu dengan perasaan tegang dan menyiksa.(29)

Selama berada di puri Dracula banyak hal aneh yang tidak dapat diterima akal sehatnya tetapi ia tidak berdaya untuk melepaskan diri karena Dracula seolah sudah membatasi gerak dan tingkah lakunya sehingga dalam kesehariaannya ia merasa ada yang mengawasinya terlebih lagi ketika malam hari. Dan Dracula berusaha untuk memutuskan kontaknya dengan masyarakat luar dan hal ini yang membuatnya perlahan-lahan putus asa yang berakibat pada kegilaan terlebih setelah ia tahu bahwa orang yang memperkerjakannya adalah seorang yang bukan manusia tetapi setan dengan segala kebengisannya (menghisap darah).
    …sedangkan Count …tak pernah kubanyangkan ekspresi dendam dan kemarahan yang sehebat itu. Matanya benar berapi-api. Warna merah di mata itu mengerikan,eolah-olah api neraka sedang menyala dibaliknya…(65)

Tetapi secara naluri ada keinginan dari Jonathan untuk mulai melepaskan diri dengan jalan merencanakan pelariannya , karena ia sudah mulai sadar dengan siapa ia berhadapan dan dengan ia berhubungan selama ini setelah mendapatkan berbagai kejanggalan-kejanggalan yang ditemuainya selama berada di rumah Count Dracula.
    28 mei-Ada kesempatan untuk melarikan diri, atau setidaknya untuk mengirim berita ke rumah. Ada rombongan orang Szgany datang ke puri, dan berkemah di pekarangan. Orang Szgany adalah orang gipsi. Aku punya catatan tentang mereka dalam bukuku. Mereka adalah orang-orang aneh…(69)

Banyak sekali kejadian-kejadian yang tidak masuk akal yang dapat membuatnya hampir menjadi gila dan mulai tidak mempercayai dirinya sendiri.

•Mina Murray/ Mina Harker
Seorang wanita yang cantik dan lemah lembut dan sangat penyayang (dilukiskan dalam hubungannya dengan sahabatnya Lucy Westenra) dan mempunyai kepandaian seperti seorang laki-laki dengan otak dan kepandaiannya akhirnya ia dapat menemukan berbagai alternatif  cara  yang akan akhirnya dapat melumpuhkan tokoh Dracula hal menunjukkan bahwa seorang wanita yang lemah lembut tidak dapat dipandang remeh karena dengan kelembutannya terdapat otak yang cemerlang hal ini menunjukkan bahwa tidak selamanya seorang wanita adalah bodoh dan tidak berotak yang hanya mengandalkan kecantikan lahiriah saja.

Dasar penelitian- persolan Count Dracula adalah kembali ke tempat asalnya.
(a)    Ia harus dibawa kembali oleh seseorang. Itu jelas karena sekiranya ia mampu pergi sendiri, ia bisa pergi sebagai manusia,atau serigala, atau kelelawar, atau dengan cara lain…
(b)    Dengan cara bagaimana ia dibawa? Dalam hal ini ada beberapa kemungkinan. Melalui jalan darat biasa, dengan kereta api, atau lewat sungai?
Lewat jalan darat biasa. Banyak sekali kesulitannya, terutama waktu meninggalkan kota.
Banyak orang, dan orang suka ingin tahu, lalu menyelidiki…
…ada pemeriksaan bea cukai..
Dari berbagai laporan yang sudah dikumpulkan. Kita tahu ia memilih jalan sunyai, jadi harus kita lakukan adalah mencari kepastian di sunyai mana.
….sekali lagi Madam Mina menjadi guru kita…(485-487)

• Lucy westerna
Seorang gadis dengan kesederhanaannya dan kepolosannya yang akhirnya dapat menyatukan beberapa orang menjadi sahabat sejati baik dalam kesedihan dan kegembiraan. Dengan keberadaan Lucy yang sudah menjadi mangsa Dracula maka orang-orang yang menyayangi dan perduli padanya bertekad untuk memusnahkan Dracula.

•Dr. John Seward
Seorang dokter muda yang sangat pintar dan sangat menyayangi dan mencintai Lucy maka dengan kepandaian dan keseriusannya berusaha untuk mengobati Lucy dari suatu penyakit kekurangan darah yang sangat kronis tanpa ada penyebab yang jelas.

• Prof Van Helfing
Seorang dokter yang sangat ahli dan telah mempelajari berbagai hal termasuk yang bersifat takhayul. Dengan percaya diri yang tinggi untuk mencurahkan segala kepandaian dan keahliannya untuk menolong sesama. Dan ia menemukan cara untuk memusnahkan wampir.

• Quincy Moriff
Seorang jutawan yang mempunyai hobby bertualang dan sangat tertarik untuk ikut memusnahkan wampir yang telah banyak memakan korban.
Dari keseluruhan tokoh-tokoh yang melakonkan cerita masing-masing tokoh berperan dengan akal dan sesuai dengan moral yang berlaku kecuali Count Dracula.

b.    Tokoh-tokoh dalam novel Tarian Setan
•Hasqil
Seorang tokoh antagonis yang tamak, licik, haus kekuasaan. Dia terusir dari keluarganya dan sukunya karena melakukan percobaan perkosaan terhadap anak gadis kepala suku. Akhirnya ia memulai kehidupannya bersama suku lain dan berbisnis sepatu kuda dan senjata. Agar bisnisnya lancer, cara licik dan tak halal ia gunakan. Dia pancing keributan agar terjadi perang antar suku, sehingga senjatanya laris di pasaran. Berkat kelicikannya pula, hasqil bisa menduduki kursi kepala suku. Padahal dalam tradisi suku-suku di Arab , kepala suku adalah putra asli.

Bersama kepala suku adikuasa Romawi, hasqil mendirikan menara kembar, yang merupakan symbol kejayaannya dari menghisap ekonomi rakyatnya. Perlawananpun muncul yang akhirnya ditandai dengan robohnya menara kembar yang dibanggakannya.
    …”hasqil sifat yang kamu miliki itu sama sekali bukan sifat terpuji, Allah membencinya. Kalau kamu tidak membuangnya ayah khawatir Alloh akan melaknatmu dan kamu dikucilkan saudaramu dan bahkan semua orang…(13)

Dengan bukti hal 13 sangat tampak bahwa Hasqil mempunyai watak yang tidak mencerminkan kebaikan dan sangat berlainan dengan sifat saudaranya mereka adalah cucu seorang yang sangat disegani dan sangat arif tetapi hanya Hasqil yang sedari kecil mempunyai sifat yang jelek dan selalui bersifat keduniaan.

Hasqil tak pernah memasak di rumah atau menggaji orang untuk memasak untuknya. Kalau mau makan ia pergi ke rumah kakeknya, itu sebabnya ia tinggal tak jauh dari rumah kakeknya, di samping dekat ia dapat memperoleh perlindungan, kehormatan, dan dicintai banyak orang. (34)

Sebagai seorang yang sudah dewasa dan sudah memutuskan untuk hidup mandiri hal tersebut tidak layak/baik dilakukan dan hal ini menggambarkan betapa pelit dan tidak dewasanya Hasqil. Hanya menumpuk harta tanpa mau berkorban bahkan untuk dirinya sendiri.

…dia ingin tahu apakah kalungku pas untuknya atau tidak, aku menyentuh payudaranya. Dia terkejut dan berusaha lari. Saat itu  pembantunya tidak ada di rumah. Tangan kiriku membekap mulutnya dan tangan kananku mendekapnya. Aku menyeretnya ke dalam rumah. Hampir saja aku menodainya sebab yakin ia tak mungkin berteriak karena akan membuka aibnya…(42)
…tapi setalah dia mengamati tingkah laku ibunya dan Hasqil, berangsur sikapnya berubah…keadaanlah yang memaksaku mau bersama Kasqil. Dialah yang membantuku menanggung beban ini. (61)

…Hasil telah sepakat dengan istri kepala suku untuk merebut kekuasaan dan menjadikan Hasil kepala suku…(103)

Inilah awal mula terusirnya Hasqil, dia melakukan perbuatan yang sangat membuat murka pamannya yaitu percobaan perkosaan terhadap anak kepala suku yang hidup berdampingan dengan keluarganya, sehingga dia diusir oleh kakek dan saudaranya.
Begitu melihat api seperti neraka, yang lidahnya melahap menara kembar, Hasqil mengusap debu yang menempel di wajahnya. “Celaka ! hilang sudah harta yang kukumpulkan bertahun-tahun. Ini bencana terbesar buatku dan kepala suku Romawi,” teriaknya.
“Aku sarankan kamu membangun lagi menara kembar lain. Yang satu kamu jual, dan satunya kamu sewakan pada kepala suku kami. Dan kamu, pergi saja ke neraka bersama keponakan-keponakanmu,” kata salah seorang tentara romawi.

Ini adalah detik-detik terakhir Hasil melihat tempat penyimpanan kekayaannya yang selalu ia bangga-banggakan dan seolah-olah ia tidak akan pernah mati sehinga hidupnya hanya menumpuk harta kekayaannya saja. Teman yang dianggapnya akan memberikan perlindungan dan setia padanya ternyata berbalik memusuhinya karena menyebabkan harta bangsa Romawi ikut dibakar musuh sehinga suku Romawi meninggalkannya untuk mencari keselamatan diri sendiri . persahabatan yang dibangun dengan asas saling memanfaatkan tidak akan mencapai kelanggengan yang diharapkan tetapi persahabatan yang didasari cinta kasih akan tetap bertahan walau menghadapi berbagai macam cobaan.

•Ibrahim
Kakek yang dipangil Ayah oleh ketiga cucunya Hasqil, Yusuf, dan Mahmud (yatim piatu)yang mempunyai istri bernama Halimah yang dipanggil oleh anak-anak itu dengan sebutan Ibu. Ibrahim adalah sosok yang sangat dihormati dan menjadi panutan oleh masyarakat sekitar karena baik budi pekertinya serta sangat sopan tingkah lakunya.
Walau Ibrahim adalah sosok yang cukup dikenal dan disegani di Syiria serta jadi rujukan bagi yang ingin balajr hikmah dan memperoleh nasihat, ia tak kuasa mengubah watak Hasqil. Sering ia mendapat keluhan dari orang-orang tentang Hasqil…(17)

Hal ini menunjukkan betapa orang menghormati dan menghargai Ibrahim sebagai orang yang pandai dan tahu tentang agama.

•Yusuf dan Mahmud
Saudara kandung Hasqil, tetapi watak dan tabiatnya sangat berbeda dengan Hasqil sehingga banyak orang yang menaruh hormat dan belajar tentang agama pada mereka.
    …mereka bahkan meningalkannya dan menuju ke Yusuf dan Mahmud untuk memegangkan kuda mereka…(17).

•Istri Kepala Suku
Ia adalah ibu Lazzah (Nakwah) anak kepala suku perilakunya sama seperti Hasqil sehingga mereka berdua adalah pasangan yang serasi baik dari kebejatan moral maupun dari haus kekuasaan.
    “Hasqil lelaki kuat, dia tahu bagaimana melayani perempuan di ranjang dan di luar ranjang. Mulai sekarang ia adalah kepala keluarga di sini…(62)

…dengan begitu hubungan kita akan terus berlanjut seperti sekarang. Anak gadismu juga kehilangan kehormatan. Jadi dia tak akan membeberkan hubungan kita ke ayahnya. Bukankah keikutsertaan dalam maksiat akan jadi tameng kemaksiatan itu sendiri? (65)

Seorang istri sebelum ada kata cerai dari suaminya tidak boleh menjalin hubungan dengan pria lain, dan perkataannya sangat tidak layak bagi seorang ibu yang mempunyai anak apalagi anaknya adalah seorang gadis karena hal ini akan menjadi contoh yang sangat buruk. Persekongkolan yang dilakukan sangatlah menjijikkan karena seorang ibu adalah pelindung dan tempat yang paling aman ketika anak-anaknya menghadapi kesulitan bukan malah menjerumuskan anaknya.

•Lazzah/Nahwah
Seorang gadis yang pemberani dan sangat menjunjung tingi nilai-nilai luhur dan menjunjung tinggi adat istiadat sukunya.
    “Suku kita punya sejarah yang besar. Suku ini dipimpin oleh orang-orang yang punya harga diri dan berwibawa tinggi. Penduduknya adalah orang-orang yang menjunjung harga diri dan kemuliaan. Pemimpin dipilih rakyat dengan syarat-syarat yang layak. Sebab itu suku kita menjadi suku yang kuat dan diperhitungkan…(223)

Ini adalah bukti keberanian seorang gadis dalam mempertahankan suku dan tradisinya tanpa rasa takut dan kesemuanya telah dirancang dan disusun dengan sangat sistematis.

•Salim
Seorang pemuda yang cakap dan pemberani ia mengatur strategi dengan Lazzah/Nakwah untuk mengalahkan Hasqil.
    Tradisi apapun yang kita miliki adalah bagian dari sejarah. Kita bisa tetap melestarikan tradisi tersebut kalau kita putuskan untuk melanggengkannya. Kita juga bisa membiarkannya sebagai kenangan sejarah semata. Usulanmu…(239)

ONTOLOGI
Ontologi membahas tentang yang ada, yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu. Ontologi membahas tentang yang ada yang universal, menampilkan pemikiran semesta universal. Ontologi berupaya mencari inti yang termuat dalam setiap kenyataan, atau dalam rumusan Lorens Bagus; menjelaskan yang ada yang meliputi semua realitas dalam semua bentuknya.

Objek formal ontologi adalah hakikat seluruh realitas. Lorens Bagus memperkenalkan tiga tingkatan abstraksi dalam ontologi, yaitu : abstraksi fisik, abstraksi bentuk, dan abstraksi metaphisik. Abstraksi fisik menampilkan keseluruhan sifat khas sesuatu objek; sedangkan abstraksi bentuk mendeskripsikan sifat umum yang menjadi cirri semua sesuatu yang sejenis. Abstraksi metaphisik mengetangahkan prinsip umum yang menjadi dasar dari semua realitas. Abstraksi yang dijangkau oleh ontologi adalah abstraksi metaphisik. Sedangkan metode pembuktian dalam ontologi oleh Laurens Bagus di bedakan menjadi dua, yaitu : pembuktian a priori dan pembuktian a posteriori.

Dengan demikian Ontologi Ilmu (dimensi ontologi Ilmu) adalah Ilmu yang mengkaji wujud (being) dalam perspektif ilmu — ontologi ilmu dapat dimaknai sebagai teori tentang wujud dalam perspektif objek materil ke-Ilmuan, konsep-konsep penting yang diasumsikan oleh ilmu ditelaah secara kritis dalam ontologi ilmu adalah hakikat yang Ada (being, sein) yang merupakan asumsi dasar bagi apa yang disebut sebagai kenyataan dan kebenaran. Terdapat tiga persoalan umum yang disebut filsafat. Istilah lebih generik adalah “ontology” yang berkenaan dengan hakikat realitas (what is), sedangkan metafisika berkenaan dengan hakikat eksistensi (what it means “to be”). Pada konteks ini keduanya dipakai saling menggantikan (interchangeably).

Metafisika bisa diartikan sebagai the theory of reality. Suatu upaya filosofis untuk memahami karakteristik mendasar atau esensial dari alam semesta dalam suatu simpul yang sederhana namun serba mencakup. Secara sederhana, metafisikawan berusaha menjelaskan rangkuman dan intisari dari apa (of what is), apa yang ada (of what exists), dan apa yang sejati ada (of what is ultimately real).

Hal ini berkaitan dengan adanya simbol-simbol yang ada dalam  novel Dracula dan Tarian Setan.
1. Tanda  salib , tanda ini sangat ditakuti oleh wampir karena berarti kesucian dan kemuliaan.
2. Bawang Putih/ daun bawang putih, konon wampir dan sejenisnya sangat membenci bau dari kedua barang ini sehingga mereka akan menjauh.
3. Suara lolongan anjing yang menandakan bahwa disekitar kita atau makhluk tersebut melihat roh jahat.
4. Untuk membunuh seorang vampire harulah dengan jalan dipenggal kepalanya atau terpisah dari tubuhnya dan ditusuk tepat mengenai jantungnya maka tubuh Dracula akan menjadi debu dan tidak akan reinkarnasi lagi dan berkeliaran untuk menjadikan vampir yang baru.
5. Emas adalah bentuk kekayaan seseorang
6. Menara kembar adalah tempat penyimpanan harta kekayaan Hasqil dan kepala suku Romawi.

Daftar Pustaka

Hussein, Saddam. 2006. Tarian Setan.Yogyakarta: Jalasutra
Kattsoff, Louis o. (alih bahasa; Soejono Soemargono), 2004. Pengantar Filsafat. Tiara Wacana Yogya
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salden, Raman. 1991. Panduan Pembaca Teori Sastra Masa Kini. Penerjemah Djoko Pradopo. Yogyakarta: Gajah Mada University Prees.
Stoker, Bram. 2007. Dracula. Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama
 Wellek, Rene and Austin Werren. 1990. Teori Kesusastraan. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.

SINOPSIS
TARIAN SETAN ( KARYA SADDAM HUSEIN )

Kehidupan dalam novel ini adalah berlatar belakang kehidupan di Arab pada masa lampau. Masyarakat di jaman itu adlah masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam suku yang cara hidupnya adalah nomaden berpindah dari satu daerah ke daerah yang lain yang dipimpin oleh seorang kepala suku yang berasal dari suku itu sendiri.

Di sebuah suku hiduplah suatu keluarga yang terdiri dari tiga orang anak dan sepasang suami istri tetapi ketiga anak laki-laki ini bukanlah anak mereka tetapi cucu mereka yang telah ditinggal mati kedua orang tuanya sejak kecil. Ibrahim adalah nama kakek mereka tetapi mereka memenggilnya dengan sebutan ayah begitu juga dengan nenek mereka memanggilnya ibu. Ketiga anak laki-laki itu adalah Hasqil, Yusuf dan Mahmud yang mempunyai sifat baik dan patuh terhadap orang tua sedangkan Hasqil sangat berbeda dengan mereka. Hasqil mempunyai sifat iri dan tamak dan mempunyai cita-cita untuk memiliki emas yang banyak karena ukuran kekayaan baginya adalah emas.

Karena kesalahan yang diperbuatnya maka Hasqil diusir dari sukunya, ia mencoba untuk memperkosa anak kepala suku yang hidup berdampingan dengan sukunya sehingga sangat membuat malu ayah, ibu dan kedua saudaranya. Inilah awal dari kebrobrokan dan kebejatan moral Hasqil ia mendatangi suku lain untuk menetap di sana sedangkan kedua saudaranya melanjutkan syiar agama sesuai dengan tuntunan ayah mereka. Hal ini bertolak belakang dengan pekerjaan Hasqil yang mulai berbisnis tombak, pedang, parang dan panah yang digunakan untuk perang. Mulailah ia mempengaruhi dan menghasut antara suku sehingga timbul perang antara suku. Dengan keadaan ini maka semua suku-suku yang berperang memerlukan senjata di sinilah kelicikan Hasqil ia mensuplai semua peralatan perang dan terus menerus membakar api permusuhun diantara suku-suku sehingga ia makin kaya raya dengan hasil penjualan senjata yang tidak ada pesaingannya.
Pada saat suku Mudhtharrah di mana ia berada berperang dan semua para laki-laki berperang Hasqil mulai merayu istri kepala sukunya, semula ostri kepala suku ini menolak kehadiran Hasqil tetapi karena bujuk rayu dan hasutannya akhirnya istri kepala suku bertekuk lutut padanya. Jiwa yangs sesat telah meracuninya setelah berhasil memadu kasih dengan istri kepala suku ia masih tergoda dengan anak kepala suku tersebut yang sangat cantik yang bernama Lazzah untuk dijadikan istrinya.

Dengan bersekongkol (Hasqil dan istri kepala suku) mereka mencoba memperdayai putri kepala suku untuk sama-sama berbuat maksiat tetapi niatan ini tidak berhasil karena Lazzah sangat cerdik dan pintar, ia mulai paham akan apa yang telah diperbuat dan direncanakan ibunya yaitu menggulingkan kekuasaan kepala suku. Dalam peperangan ternyata kepala suku pulang sendirian tanpa disertai anak buahnya hal ini dianggap sebagai orang berjiwa hina maka kesempatan ini digunakan oleh Hasqil dan istri kepala suku untuk mengusir dan memaksanya melepaskan jabatan sebagai kepala suku. Akhirnya jabatan sebagai kepala suku diberikan kepada Hasqil dengan segala taktik dan tipu muslihat, dalam kepemimpinannya banyak sekali rakyat yang tidak menyukainya sehingga timbul gerakan pemberontakan yang dimotori oleh Lazzah dan kekasihnya Salim.

Ibu Lazzah menagih janji kepada Hasqil agar segera dinikahi tetapi Hasqil mulai menghianatinya dengan berbagai alasan puncak dari semuanya itu adalah dibunuhnya ibu Lazzah oleh Hasqil hal ini yang menyulut kemarahan masyarakat. Dalam kondisi seperti ini Lazzah mulai menyusun kekuatan bersama kekasihnya Salim mereka mempunyai tugas masing-masing yang saling berkaitan sehingga kekuatan yang mereka bangun mampu menghancurkan Hasqil dan sekutunya yang ditandai dengan terbakar dan robohnya menara kembar tempat penyimpanan harta Hasqil selama bertahun-tahun.  

SINOPSIS
DRACULA KARYA BRAM STOKER

Jonathan Harker adalah seorang penasehat hukum yang diminta oleh Count Dracula untuk datang ke purinya sehubungan dengan keperluannya untuk membeli beberapa tanah dan bangunan di luar daerahnya. Dan pada tanggal  1 Mei adalah awal dari segala petualangannya, karena pada tanggal itulah ia mulai melakukan perjalanan menuju puri Dracula. Perjalanan yang dilakukannya adalah perjalanan yang sudah dirancang dengan cermat oleh Count Dracula sehingga untuk penginapan dan alat transportasi menuju puri itu berdasarkan instruksi-instruksi yang diberikan Count melalui suruhannya. Selama perjalanan banyak sekali kejadian-kejadian aneh yang terekam oleh Jonathan  melalui tulisan atau catatan hariannya. Tetapi hal itu tidak dipersoalkannya , karena tujuaannya ingin cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan itu dan cepat bertemu dengan Mina Murray kekasihnya.

Sesampai di istana atau tepatnya rumah yang tidak terurus milik Dracula, hari sudah malam dan  Jonathan sangat letih sekali maka dia tidak begitu memperhatikan sosok tuan rumah, baru hari selanjutnya dia melihat bagaimana sosok orang yang meminta untuk diuruskan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan hukum. Sosok Dracula sangat aneh dengan badan kurus muka cekung dan hidung bengkok, giginya cenderung runcing dan sangat putih adalah sosok yang sangat tidak menarik apalagi di tambah dengan bau busuk jika kita mendekat.

Selama berada berada di kediaman Dracula ia tidak pernah bertemu dengan seorangpun, dan yang lebih aneh ketika pagi hari ia tidak pernah menjumpai tuan rumah baru pada menjelang malam ia bertemu dan berbicara tentang banyak hal ternyata pengetahuan Count sangat luas, tetapi sejalan beriringya waktu banyak kejanggalan-kejanggalan terjadi baik mengenai tuan rumah ataupun rumah yang ditempatinya. Berdasarkan kecurigaan yang bertambah menunpuk membawa Jonathan pada kenyataan bahwa Dracula adalah seorang vampir  yang dengan cerdik telah memulai untuk pindah ke daerah lain.

Jonatahan berusaha untuk melarikan diri dengan berbagai cara, walaupun dia berhasil tetapi ia sendiri sulit untuk percaya dengan keadaannya sehingga hanya catatan dan kekasihnya saja yang kadang membuatnya masih percaya bahwa ia tidak gila akibat menanggung beban yang begitu berat.

Selama menunggu kekasihnya pulang nona Mina berkunjung ke rumah sahabatnya Lucy yang sakit. Awalnya ia tidak tahu penyakit sahabatnya itu tetapi lambat laun ia tahu bahwa sakit Lucy adlah kekurangan darah yang sangat kronis. ia mendapat kabar untuk segera pulang karena Jonathan kekasihnya memerlukan perawatan yang serius setelah ia dapat meloloskan diri dari cengkraman Count Dracula. Selanjutnya perawatan dilakukan oleh Dr Seward bersama gurunya  bersama Dr Abraham Van Helfing yang dengan berbagai teorinya berusaha menyelamatkan Lucy. Penyakit Lucy memang sudah parah dan pada tahap yang tidak bisa dikendalikan lagi sehingga membuat ia meninggal. Tetapi ternyata kecurigaan Prof Helfing terbukti bahwa Lucy telah menjadi vampire maka dengan caranya ia bersama orang-orang yang perduli akan nasib Lucy melakukan hal yang mungkin dianggap tidak sopan dilakukan terhadap orang yang sudah meninggal yaitu memenggal kepala dan menusuk jantung Lucy sehingga arwahnya tenang dan kematiannya sempurna.

Dengan kejadiannya ini dimulailah berburuan terhadap mahkluk yang dinamakan vampir. Dengan segala kecerdikan dan kebersamaan orang-orang yang sangat perduli dengan keadaan yang terjadi akhirnya mereka mulai bersatu dan mempelajari semua gerak gerik yang dilakukan oleh Count Dracula. Bahkan perburuan sampai dilakukan ke puri Dracula yang berusaha untuk melarikan diri karena terdesak dan segala rencannya telah diketahui oleh orang-orang yang memburunya. Tetapi berdasarkan pengalaman yang telah dilalui mereka bersatu dan menyusun rencana untuk memusnahkan Dracula dengan cara yang sama seperti mengusir vampir yang  bersarang ditubuhnya.

Akhir dari perjalanan Dracula adalah di lembah dekat tempat tinggalnya sendiri ia dipenggal oleh Jonathan dan ditusuk jantungnya oleh Mr. Morris  yang begitu membenci dan bertekat untuk memusnahkannya. Setelah peristiwa pemusnahan itu mereka hidup tenang dan bahagian walaupun ada beberapa sahabat dan teman yang mereka cintai telah menjadi korban akan kebiadaban Dracula.

Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]
 

Pengumuman PPMB

  • Ketentuan Pendaftaran
    PPMB UNAIR - 16-01-2014 11:23:07
  • Cara Pendaftaran Mahasiswa Unair Jalur Mandiri
    PPMB UNAIR - 16-01-2014 10:39:01
 

Artikel Popular

  • TUGAS 1 SOSIOLOGI BAB 1 SEMESTER 2 KELAS XI IPS
    TUGAS SISWA - 10-04-2013 01:57:44  (26)
  • TUGAS 2 SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 DAN 2
    TUGAS SISWA - 29-05-2013 23:38:12  (13)
  • Evaluasi Diri Guru BK Tahun 2013
    administrasi bimbingan konseling - 16-02-2013 02:17:25  (13)
  • skripsi bimbingan konseling tentang kesehatan mental siswa
    skripsi / thesis - 10-05-2013 21:09:25  (11)
  • administrasi bimbingan konseling disekolah tahun ajaran 2014
    administrasi bimbingan konseling - 26-11-2013 21:54:51  (10)
 
 
 

www.klikakuaja.com

  • http://www.facebook.com/ajax/mercury/attachments/photo/view/?uri=%2Fajax%2Fmessaging%2Fattachment.php%3Fattach_id%3D17539ceb6e8bc935fdf74b3f0f1a7634%26mid%3Dmid.1358910823498%253A69f6bf83b1b2e44324%26hash%3DAQAfes_nyc_PBZiO&attach_id=17539ceb6e8bc935fdf74b3f0f1a7634&message=mid.1358910823498%3A69f6bf83b1b2e44324&hash=AQDxJsZpECg0b7Ua
 

PR

 

facebook

 

mesin pencari data

 

google analytics

 

meta

  • <data:blog.pageTitle/> <data:blog.pageName/> <data:blog.pageTitle/> <data:blog.pageName/> | <data:blog.title/>
 

blog lowongan kerja

  • pasang iklan,
    pasang lowongan,
    pasang artikel anda di blog ini.

      Gratis

 

  • konsultasikan masalah anda pada kami,

    kami akan bantu

 

dapatkan uang dari

 

bimbingan konseling

 

sms gratis

 
 

chat presiden ri

  • yang ingin menyampaikan aspirasi

    ke PRESIDEN RI

    silahkan kunjungi disini

 
Home | Profil | Pengumuman

Copyright © 2011 Unair | Designed by Free CSS Templates